Backpacker Lombok 6 Hari (Day 1)

Assalamualaikum semuaaa... Sudah terlalu lama blog ini tidak dikunjungi (keenakan main hehehe...).
Okeee bulan Januari 2017 kemarin aku sudah habis kontrak sebagai PTT BPJS Kesehatan. Jadi jauh-jauh hari aku sudah merencanakan untuk liburan (menikmati hasil jerih payah selama 1 tahun hahaha...). Kalau tidak salah ingat pertengahan bulan Desember aku sama temenku, Luluk berencana ke Vietnam - Thailand. Cuma karena kepikiran ini itu akhirnya kita berdua gak jadi booking (Padahal waktu itu tiket SBY - Vietnam lumayan murah). Kita bingung mau kemana. Akhirnya saudara-saudaraku pada nawarin & ngajak aku. Mereka mau ke Lombok bulan Februari 2017 karena ada Promo Citilink. Akhirnya aku, luluk dan saudara2 ku booking PP SBY - Lombok.

Pada hari H. Tanggal 9 Februari 2017 kami ber-7 (Aku, Luluk, Uul, Lek Rif'ah, Tante Tia, Tante Malik dan Mbak Dinda) berangkat dari Bandara Juanda Surabaya. Untuk jam keberangkatan pesawat kami ada 2. Aku, Luluk, Lek Rifah, Tante Tia dan Mbak Dinda berangkat jam 09.00 dengan Citilink. Sedangkan Uul dan Tante Malik jam 09.30 dengan Lion Air.
Perjalanan udara dari Surabaya - Lombok sekitar 1 jam-an. Jadi kami sampai sekitar pukul 11.10 WITA.

Wefie dulu sambil menunggu kedatangan Uul dan Tante Malik

Yeayy Finally (dari kiri - kanan: Luluk, Lek Rifah, Tante Tia, Tante Malik, Mba Dinda, Uul, Aku)

Hari pertama ini kami akan bermalam di Gili Trawangan. Untuk menuju Gili Trawangan dari Bandara Internasional Lombok. Kita harus naik Bus Damri ke Pool Damri. Biaya Bus Damri per orang 25.000. Sesampainya di Pool Damri kami ber-7 Sholat Dhuhur terlebih dahulu. Kemudian Makan Siang di warung makan seberang Pool Damri.
Dari Pool Damri kami harus ke Pelabuhan Bangsal untuk bisa ke Gili Trawangan. Ada beberapa cara untuk menuju Pelabuhan Bangsal. Bisa dengan naik Ojek, Taksi, Sewa Mobil, Sewa Motor dsb :).
Karena dari awal Mbak Dinda udah sewa motor untuk kami selama di Lombok. Akhirnya kami ke Pelabuhan mengendarai motor.
Saran aku biar hemat biaya. Kalau kalian berangkat sendirian sampai Pool Damri bisa naik Ojek. Awal mereka matok harga Ojek dari Pool Damri ke Pelabuhan Bangsal 100.000/ orang. Mahal memang. Karena Lumayan jauh sekita 45 menit - 1 jam. Kalian tawar aja Ojeknya sekitar 50.000 - 75.000 (Kebetulan waktu itu kita nawarin Ojek buat anak dari Bekasi / Tangerang mau ke Pelabuhan. Kita nawar 50.000 gak boleh. Akhirnya dikasih 75.000)
Tapi, jika kalian ber 3-6 orang. Aku saranin kalian sewa mobil dari Bandara Lombok - Pelabuhan Bangsal. Karena Harganya lebih murah. 300.000. (nanti di akhir-akhir aku kasih contact nya).

Sedangkan kami ber 7 nyewa motor 75.000/ motor  + 15.000 buat antar motor ke Pool Damri. Dan karena waktu itu motorku bensinnya tinggal sedikit akhirnya kami isi bensin dulu 15.000.
105.000 untuk sewa motor Sedangkan sesampai di Pelabuhan Bangsal motor kita parkir dan tidak dipakai. Dan masih harus bayar parkir motor (tekor banget kann?? Udah jatuhnya mahal. Capek juga nyetir. Meskipun bukan aku yang nyetir. Ya sudahlah. Buat pengalaman saja. Jadi kan kalau ada kejadian / kasus kayak gini aku bisa sharing/ cerita ke kalian :))

Sesampainya di Pelabuhan Bangsal. Ternyata hari ini gak bisa nyebrang dari tempat penyeberangan biasanya karena di sini Ombaknya terlalu tinggi. Jadi tempat penyeberangan di pindahkan ke suatu tempat. Aku gak tahu kemarin nama tempatnya. sekitar 10 menitan dari tempat penyebarangan biasanya. Dan sialnya lagi. Ternyata di penyeberangan sana tidak ada tempat parkir. Jadi kita harus naik Ojek. OMG! Apalagi ini. Belum2 udah habis di transport. Ojeknya nawarin 20.000-25.000 (Aku lupa) Gilaaa!!! Mahal amittt emang sejauh apa??. Akhirnya aku tawar ke Ojek. 15.000. Dan mereka mau.

Setelah sampai di Tempat penyeberangan. Kami ber-7 bayar tiket 20.000 untuk menuju Gili Trawangan (Kalau yang ini gak kami tawar wkwkwk...) Lama perjalanan dari Pelabuhan - Gili Trawangan -+ 45 menit. Benar juga ombaknya lumayan besar. Alhamdulillah sampai Gili Trawangan dengan selamat :).

Karena Mbak Dinda udah booking penginapan dari kapan hari. Akhirnya kami mencari-cari dan bertanya-tanya ke orang-orang Gili dimana penginapan tersebut. Hari ini kami menginap di Giyat Kodong Guest House (kami pesan penginapan di Gili Trawangan lewat booking.com). Kami menyewa 2 kamar. 1 Kamar isi 3orang dengan tarif 250.000/malam. dan 1 kamar isi 4orang dengan tarif 250.000/ malam. Untuk menuju penginapan kami jalan kaki sekitar 10 menitan. Lumayan jauh lokasi penginapannya. Untuk komentarku tentang penginapan Giyat Kodong ini Bagus tempatnya. Bersih. Kalau di kamarku ada 2 Kasur. Kamar Mandi Dalam (WC Duduk & Shower) + AC. Tidak ada sarapan dan sayangnya di kamarku semprotan WC nya gak ada dan gak ada pencetan di WC nya juga gak ada.
Sore itu di Gili sedang hujan cukup lebat. jadi setelah kami (Aku, Luluk dan Uul) mandi. Sambil menunggu ujan reda kami makan snack yang kami bawa dari rumah dan ngobrol-ngobrol syantikkk LoL . Sebenarnya sore itu mau sewa sepeda ke Sunset Point. Tapi karena ujan. Meskipun kami tetap kesana juga gak bakal ada Sunset.

Setelah Sholat Maghrib dan hujan agak reda kami ber 6 (tanpa lek Rifah yang waktu itu katanya gak enak badan) JJM - Jalan-Jalan Malam hahaaha. melihat suasana Malam Gili Trawangan.
Suasana Malam Gili Trawangan begitu ramai dengan para Wisatawan Mancanegara. Untuk wisatawan lokal tidak terlalu banyak. Di Sepanjang jalan terdapat banyak orang jualan Bakso, Cilok, Jagung Bakar, Es Krim Gelato sampai Resto, Cafe, Bar, Butik / Clothing Line sampai pasar malam dll, Kami keluar masuk Toko pakaian & oleh-oleh Khas Lombok atau Gili Trawangan.

Sebenarnya aku lagi nyari-nyari kartu Pos dan Magnet Kulkas (Hobi baruku koleksi Magnet Kulkas dari tempat wisata/ negara yang sudah aku kunjungi ). Dan Ternyata Wow!!! Masih mending Magnet Kulkas di Negara-Negara Lain. Disini Magnet Kulkas yang ada tulisan 3 Gili (Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air) harganya 30.000/ pcs. Ya Ampunn.. So expensive. Padahal bentuknya biasa saja. Magnetnya berbentuk seperti papan petunjuk gitu. Karena ini toko bagus, aku gak berani nawar. Akhirnya kita keluar toko wkwkwk.. Dan Lucunya lagi... Ketika Kami masuk ke toko oleh-oleh juga. Si Luluk pengen banget dari awal pengen beli kain pantai kayak di Bali. Di sini harganya wow!! 75.000 sist / gan. DItawar mentok 50.000. Padahal kalau di Bali bisa dapat harga 15.000-20.000.
Yes I know. Harga di gili Trawangan mahal-mahal karena kalau mau bawa kesini harus naik Kapal. Buuuuttttt. Naik Kapal aja 20. 000 masak harganya beda jauh bangettt wkwkwk... Ya sudahlah.

So.. saran lagi dari aku. Kalau kalian ke Gili Trawangan dalam rangka Backpacker JANGAN beli di Gili Trawangan. Karena di Lombok / Mataram masih banyak tempat oleh-oleh yang lebih murah daripada disini. Kecuali kalau kalian anak orang kaya yang gak mikirin harga.
Toh Kualitasnya sama kok.

Oyaa.. Dari keluar - masuk toko oleh-oleh. Aku kok sedih banget yaa... Kenapa semacam oleh-oleh seperti celana panjang/ celana pendek yang paling sering aku lihat. Dari 3 tempat : Bali, Lombok, Thailand (gak tau tempat yang lainnya) itu sama motif atau model celana panjang atau celana pendek (a.k.a) katok gemes LoL. Gak di Thailand, Bali, Lombok motifnya pasti ada Gajah atau apalah itu. harusnya ada ciri sendiri. biar tahu kalau kita beli pakaian disana. Ohh ini celana dari Thailand. Ini Celana dari Bali. Ini Celana dari Lombok. Meskipun model celana nya sama ya udah lah gpp. Tapi motifnya itu lohh... Mbok ya di bedain.

Oke...Setelah puas lihat-lihat. Kami akhirnya makan malam di Pasar Malam. Kami pilih makan disini karena pilihannya banyak (halahhh... bilang aja backpacker kere wkwkwk). Tapi serius disini pilihan Makannya banyak. Aku sama Uul beli ikan bakar. Ikan-ikannya masih segar-segar lohh... Oya, kalau kalian mau beli ikan bakar disini jangan lupa ditawar gak papa. Kan judulnya pasar. Pasar tempat orang saling tawar menawar hahaha... Harga 1 potong ikan segar yang aku pesan ini 120.000. Ketikaaku sama Uul lihat-lihat belum nawar orangnya langsung ngasih harga 100.000. Aku tawar lagi jadi 90.000 dan mau. Sedihhh... Tawar 60.000 mungkin boleh hahaha...Kurang sadis ternyata aku nawarnya. (~Terlalu sadis caramuuuu~~ malah nyanyi).  Oya di sini selain ada macam-macam ikan Bakar juga ada lalapan. ikan-ikan yang ditusuk-tusuk seperti BBQ. Sebenarnya ada yang aku pingin cumi tusuk harganya 20.000 Tapi ketika aku balik mau beli cuminya ternyata udah habis. Sedih bangett... Untuk Makanan lain kalau bisa jangan di tawar. Karena harga pas. Malu juga mau nawar makanan. Cuma kalau aku tadi karena masih ikan segar jadi bisa di tawar.

Ini 1 Ikan Bakar segar seharga 90.000 (+2 nasi)
Setelah kenyang makan malam kami kembali ke penginapan dan istirahat...Selamat malam semuaaa..

Rincian Pengeluaran Day-1
- Ojek motor: 15.000
- Kapal ke Gili Trawangan : 20.000
- Sewa Penginapan : 250.000/3org (aku, luluk, uul)  83.500
- Makan Malam; 100.000 (ikan segar + 2 nasi + 1 es teh) /2org (Aku & uul) = 50.000